[lihat.co.id] - Pernahkan agan berfikir ketika akan membeli sepatu olahraga, Anda mempertimbangkan merek tertentu sebagai pilihan utama? Nah, menurut survey yang dilakukan oleh Euromonitor tahun 2011, banyak sekali diantara kita yang sangat mempertimbangkan merek ketika akan membeli sepatu olahraga. Hal ini dapat dipahami karena masyarakat kita menganggap merek adalah suatu aktualisasi diri dan menunjukkan kemampuan kita dalam membeli suatu produk.
Merek macam Adidas, Nike, dan Puma, sangat populer dan terkenal di kalangan kita. namun tahukah agan, bahwa merek lokal juga ikut mendominasi pasar, bahkan menjadi brand leader di industri sepatu Indonesia.
Penasaran dengan merek2 tersebut? Dibawah ini ane list top 5 merek yang mendominasi pasar Indonesia menurut studi yang dilakukan oleh Euromonitor:
5.Reebok
[lihat.co.id] - Ya, merek yang awalnya lahir di Britania Raya ini, masih merupakan merek yang populer di Indonesia. Di tahun 2005, Adidas mengambil alih dan menjadikan Reebok sebagai subsidiari-nya. Meskipun tidak sepopuler seperti masa jayanya di tahun '90an, Reebok masih bisa merebut hati para konsumen Indonesia dengan sederetan produk sepatu olahraga yang berkualitas, dari running shoes, basket, hingga sepak bola.
Ryan Giggs adalah salah satu pemain yang paling lama di endorse oleh Reebok. Pemain bola kelas dunia lainnya yang juga pernah di sponsori oleh Reebok adalah Iker Casillas, Thierry Henry, dan Shevchenko.
4.Nike
[lihat.co.id] - Tidak heran jika raksasa produsen sepatu dari Amerika yang rajin melakukan ekspansi ini termasuk dalam lima besar merek yang paling mendominasi di Indonesia. Kiprahnya di dunia internasional tidak perlu diragukan lagi, sederet tim besar seperti Barcelona, Manchester United, dan Internazionale Milan adalah tim yang di sponsori oleh Nike.
Mega bintang Cristiano Ronaldo pun juga tak lepas dari pandangannya. Di Indonesia, Nike memiliki strategi jitu untuk memikat hati para konsumennya, yaitu dengan cara menjadi sponsor resmi dan pemasok perlangkapan olahraga untuk timnas kita. Efeknya, ketika timnas bermain, jersey merah dengan logo Nike bertebaran dimana-mana.
3.League
[lihat.co.id] - Merek lokal yang menjadi andalan Indonesia. Dulunya pabrik yang memproduksi sepatu League ini adalah pabrik yang memproduksi sepatu Nike. Mungkin ini alasannya kenapa sepatu futsal gioro dari League punya konsep desain yang mirip dengan ctr360 milik Nike. Soal kualitas jangan ditanya, boleh diadu keawetan dan teknologinya dengan merek kelas dunia yang lain. Di Indonesia, League awal kali muncul di pasar sepatu basket nasional.
Dengan kepopulerannya yang semakin menjadi, kini League sudah menjadi supplier utama bola, jersey wasit, serta sepatu di NBL (National Basketball League). Tidak hanya itu, baru-baru ini League juga merambah dunia persepakbolaan tanah air. Mulai dari meng-endorse pemain timnas macam, Titus Bonai dan Kim Kurniawan, sampai meluncurkan produk flagshipnya berupa sepatu futsal versi Garuda untuk timnas futsal kita. Pokoknya bangga dah!!
2.Adidas
[lihat.co.id] - Satu lagi raksasa internasional sekaligus rival abadi dari Nike, yang mendominasi pasar Indonesia. Dari segi kualitas dan teknologi, Adidas-lah yang paling terdepan. Dalam pembuatan sepatunya, Adidas selalu memperhatikan setiap detail, seperti berat, kelenturan, lebar tapak dsb.
Bahkan Adidas adalah satu2nya produsen yang pernah membuat sepatu pintar, dengan menanamkan chip di dalamnya. Chip tersebut berfungsi untuk mengukur kaki kita dan dapat merapatkan ruang, agar kaki kita mendapatkan kenyamanan maksimal dengan tidak melupakan performa. Sepatu ini dulu pernah dipakai oleh 2x MVP dan 3x MVP NBA Final, Tim Duncan.
Kalau di sepak bola, Adidas F10 milik Messi adalah jenis sepatu yang memiliki chip tertanam didalamnya. Pemain bola dunia macam Xavi, Xabi Alonso, Lampard, dan Van Persie adalah pengguna setia Adidas. Di Indonesia sendiri, Adidas tidak bergerak secara lokal seperti Nike. Namun kenyataannya, dengan image internasional yang dimilikinya, Adidas tetap menjadi pilihan utama dibanding Nike.
1.Eagle
[lihat.co.id] - Ane juga bingung gan, kenapa Eagle bisa diperingkat pertama. Bukannya ane ga nasionalis ya, justru ane tercengang dan bangga. Eagle adalah merek sepatu lokal yang sudah berdiri sejak taun 1986, dengan kata lain yang paling lama di Indonesia. Baru-baru ini Eagle me-rebranding mereknya, sehingga lebih memiliki image yang dinamis, modern, dan berkualitas. Meskipun kualitasnya tidak semumpuni Adidas ataupun Nike, namun harga untuk membelinya pun tidak semahal merek-merek tersebut.
Usut punya usut, ternyata konsumen yang membeli Eagle adalah mereka-mereka yang ter-influence oleh Adidas dan Nike, namun tidak memiliki kekuatan membeli yang cukup, sehingga mereka beralih membeli Eagle. Dengan kata lain, konsumen yang berpotensi untuk Nike dan Adidas, juga berpotensi untuk Eagle. Yang membedakan hanyalah social class dari konsumen tersebut. Maka dari itu Eagle sangatlah populer di kalangan low social class di Indonesia dan menjadikannya brand nomer 1 di Indonesia.